Pembagian Bantuan Atdikbud Peduli untuk Siswa dan Mahasiswa

Riyadh, 22/04/2020 – Dampak ekonomi akibat merebaknya virus corona mulai dirasakan oleh masyarakat. Termasuk expatriat orang tua siswa 3 SILN di Saudi Arabia serta mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilnu di Wilayah Kerajaan Arab Saudi. Melihat kondisi ini Atase Pendidikan dan Kebudayaan, atas seizin Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Riyadh serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, langsung bergerak cepat memberikan bantuan paket sembako kepada mereka (siswa dan mahasiswa) yang terdampak akibat covid 19 ini.

Tindakan ini merupakan respon atas banyaknya keluhan orangtua siswa kepada sekolah di 3 SILN Arab Saudi serta para mahasiswa kepada Ketua PPMI, terkait ketersedian bahan pokok mereka yang mulai menipis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditambah dengan pemberlakuan jam malam dan anjuran stay at home, yang dirasa sangat mnyulitkan bagi mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Akhirnya mereka hanya bisa mengadu kepada kepala sekolah di 3 SILN Arab Saudi serta kepada ketua PPMI atas kondisinya tersebut, yang ditindaklanjuti oleh para kepsek/PLH dan ketua PPMI dengan mengusulkan proposal bantuan kepada Atdikbud.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, sedang menyerahkan bantuan secara simbolik kepada salah seorang mahasiswa King Saud University, Riyadh.

Pemberian paket sembako ini diutamakan bagi siswa yang orang tuanya terkena dampak pemutusan hubungan kerja akibat pelarangan beroperasinya beberapa sektor usaha, seperti perhotelan, salon, dan lain sebagainya kecuali supermarket, oleh pemerintah setempat guna memutus rantai penyebaran virus COVID-19 serta para mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya namun belum bisa kembali ke tanah air akibat pembatasan sosial berskala besar yang meliputi peliburan moda transfortasi udara.

Penyaluran bantuan sembako ini dilaksanakan karena menyangkut kebutuhan pokok mereka (siswa dan mahasiswa berikut keluarganya), untuk wilayah Kota Riyadh yang meliputi siswa Sekolah Indonesia Riyadh dan Mahasiswa Indonesia di King Saud University Riyadh, pelaksaannya dilakukan dengan jalan jemput bola atau diantar langsung secara bertahap oleh Team Atdikbud dibantu oleh pihak sekolah dan PPMI Arab Saudi dengan tetap memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu antisipasi serta protokol kesehatan cegah virus Corona atau Covid-19. Sementara untuk siswa Sekolah Indonesia Jeddah dan Makkah serta mahasiswa Indonesia di luar Kota Riyadh, karena rentang kendali yang jauh, Atdikbud bekerjasama dengan pihak ketiga dan koordinator mahasiswa Indonesia masing-masing kampus, untuk pelaksanaan penyalurannya.

Bantuan ini bersumber dari DIPA Atdikbud, yang merupakan program transformasi dari mata anggaran “Dukungan Program Kerja Atdikbud dalam melaksanakan tugas khusus lainnya, sub kegiatan pembinaan pelajar dan mahasiswa”.  Tahun ini kegiatanya bernama Program Atdikbud Peduli (Bantuan Khusus untuk Siswa dan Mahasisw), dengan kegiatan berupa penyaluran bantuan berupa kebutuhan pokok sehari-hari yang mengandung sumber karbohidrat antara lain beras, jagung, sumber protein hewani seperti telur, daging ayam, ikan, sumber protein nabati seperti kacang-kacangan berupa kecap serta kebutuhan penunjang lainnya dan kebutuhan untuk pencegahan penyebaran covid-19 berupa sabun mandi, sabuk cuci tangan dan masker.

Salah satu penerima bantuan sembako, orang tua dari Nawaf peserta didik TK Sekolah Indonesia Riyadh berterimakasih kepada Atdikbud yang telah memberikan bantuan sembako, yang disampaikan melalui pesan whatsapp kepada walikelasnya,  tentunya bantuan ini sangat bermanfaat ditengah wabah virus corona ini.

“Terimakasih kepada Pihak Sekolah dan Atdikbud  yang telah memberikan bantuan sembako, tentunya bantuan ini sangat bermanfaat,” jelasnya.

Berikut beberapa gambar kegiatan penyaluran Paket Atdikbud Peduli kepada para siswa di 3 (tiga) SILN yang ada di Arab Saudi serta mahasiswa Indonesia di Arab Saudi.

Penulis : irawan/pengelola web atdikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *