Kementerian Pendidikan Mengadakan Program Kebudayaan G-20

Kementerian Pendidikan Arab Saudi Mengadakan Program Kebudayaan G-20

Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan penguatan identitas budaya serta mengenalkan konsep kenegaraan secara global, Menteri Pendidikan Dr. Hamad bin Muhammad Al-Sheikh, pada hari Sabtu,(05/09/2020) meresmikan “Program Budaya 20” , diluncurkan untuk pertama kalinya yang bertepatan dengan kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi terhadap G-20, dengan slogan “Merebut peluang abad kedua puluh satu untuk semua.”

Menteri Pendidikan mengatakan bahwa program tersebut berupaya untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu peningkatan kesadaran akan kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi terhadap G-20 dan peran sertanya dalam menghadapi tantangan global, menumbuhkan rasa kebanggaan bernegara dan juga untuk meningkatkan rasa memiliki serta tanggung jawab terhadap masyarakat, selain itu juga untuk memperkuat pemahaman akan konsep kewarganegaraan global agar para pelajar mampu menghadapi tantangan di era global ini.

Program Kebudayaan G-20

Hal ini merupakan sebuah solusi inovatif yang sangat penting seperti unit pembelajaran mandiri elektronik dan interaktif, seperangkat materi pengayaan untuk mendukung unit pembelajaran,dan juga selain itu berbagai aktivitas yang beragam demi memperkaya pengetahuan tentang G20 yang mencakup beberapa hal, diantaranya :

Tantangan G-20 : yaitu langkah aplikatif dalam menjalankan program-program elektronik kompetitif yang menargetkan berbagai macam kelompok usia yang ada.
Unit belajar mandiri untuk berbagai jenjang pendidikan : anak usia dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas serta pada jenjang perguruan tinggi
Olimpiade G-20 : kumpulan permainan digital interaktif untuk semua kelompok yang menghasilkan kolaborasi antara kesenangan dan proses pembelajaran.
Kompetisi TRIVIA : yaitu program pembelajaran kebudayaan singkat dilanjutkan dengan kompetisi budaya.
Kompetisi G-20 untuk semua kalangan : program kompetitif yang diadakan di berbagai platform media sosial yang berisi tentang tantangan global.
Hackathon G-20 : Sebuah kompetisi unik dan terbuka untuk semua kelompok umur dan golongan masyarakat, dengan tujuan untuk mempublikasikan berbagai macam solusi inovatif yang mereka miliki.

Sumber :
https://www.moe.gov.sa/ar/news/Pages/G20-2020-09.aspx

One thought on “Kementerian Pendidikan Mengadakan Program Kebudayaan G-20

  • September 12, 2020 pada 6:11 am
    Permalink

    Alhamdulillah ternyata ada kegiatan budaya du riyadh, semoga tahun depan setelah oandemi ini berakhir, atdikbud riyadh biss mengundang sekolah saya untuk ikut berpartisipasi mengisi kegiatan festival budaya ini. Saya sangat berharap sekali untuk mendapatkan pengalaman dengan mengikuti kegiatan festival budaya ini. Jangan lewatkan kami untuk diundang ya Bapak menteri pendidikan dan kebudayaan KBRI Indonesia – Riyadh. 🙏🙏🙏

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *