Program PPL Daring UPI-Atdikbud Riyadh

Dalam rangka meningkatkam mutu pelayanan pendidikan bagi WNI di Saudi Arabia, Atdikbud Riyadh melakukan kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa tingkat ahir. Acara serah terima mahasiswa PPL dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan UPI Prof. Didi Sukyadi kepada Atdikbud KBRI Riyadh Ahmad Ubsedillah, pada Sabtu petang, 17 Oktober 2020, waktu Saudi Arabia.

Sebanyak 14 mahasiswa dari berbagai program study UPI menjadi peserta PPL virtual perdana di Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Saudi Arabia.

Para mahasiswa PPL ini akan bersinergi dengan para guru SIJ dalam pembelajaran berdaring bagi seribu lebih siswa SIJ.

Kedua belah pihak mengakui ini adalah program PPL Virtual pertama dilakukan selama masa pandemi ini. Kegiatan sejenis telah banyak dilakukan secara langsung/luring dengan mengirim mahasiswa tingkat ahir ke Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Umumnya dilaksanakan di SILN di Malaysia, papar Didi dalam sambutannya. “Program PPL Online ini sejalan dengan agenda Mendikbud yang memprogramkan agar mahasiswa melakukan kegiatan interenship di luar kampus, sebelun mereka menamatkan studynya” tambahnya.

Program PPL Online ini merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan akan kekurangan guru di SILN selama ini, selain sebagai inovasi baru pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah berlangsung sejak awal pandemi covid 19 di Saudi Arabia. PPL Online ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman lapangan jarak jauh bagi mahasiswa tingkat ahir, papar Ubaedillah.

Hadir pada acara tersebut Direktur International Office UPI Ahmad Buchori, Plh. Kepsek SIJ Nelly Yuliana, para guru SIJ dan sejumlah dosen pembimbing ke 14 mahasiswa peserta PPL. (dil).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *