Konferensi Internasional G20 tentang Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan

Konferensi Internasional G20 tentang Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan

Dengan tema

Meningkatkan hasil pendidikan dan mendukung pertumbuhan ekonomi

Telah diselenggarakan Konferensi Internasional G20 tentang Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan yang diadakan oleh Education and Training Evaluation Commision dan Presidensi G20 Arab Saudi pada tanggal 14-15 Oktober 2020 secara virtual.

Ada beberapa point-point penting dalam acara tersebut berupa gagasan-gagasan yang dikumpulkan dari para pembicara diantaranya :

  1. Pengembangan dan pembaharuan pembelajaran untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi

Kualitas pembelajaran lebih penting daripada kuantitas dikarenakan bisa meningkatkan kualitas pembelajar dalam hal pengetahuan dan kemampuan untuk mengaplikasikannya. Hal ini merupakan asset berharga dalam memasuki bursa kerja dan peningkatan ekonomi

  1. Pelaksanaan proses evaluasi dan jaminan kualitas di sekolah-sekolah

Hal ini berfokus pada  pemberian data dan informasi untuk para praktisi pendidikan di sekolah serta keputusan-keputusan yang berpengaruh pada peningkatan serta kualitas dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM)

  1. Evaluasi hasil pembelajaran di perguruan tinggi

Perguruan tinggi sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dalam bentuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu evaluasi ini mencakup banyak hal  yang tercantum dalam 4 hal penting yaitu : pengaruh luas, penelitian ilmiah, budaya dan kesehatan masyarakat serta belajar sepanjang masa.

  1. Evaluasi dan akreditasi program-program pelatihan teknik dan keterampilan

Hal ini sangat berperan penting dalam  untuk proses pembelajaran dan pelatihan sehingga menghasilkan system yang mumpuni dan juga mencetak output yang berkualitas yang bisa menghadapi tantangan dan mencukupi kebutuhan yang ada di bursa kerja.

  1. Pemanfaatan data-data evaluasi berupa laporan dan penelitian

Bertujuan untuk perbaikan model pembelajaran dan pelatihan yang secara khusus untuk pengembangan alat ukur dan akumulasi data pada sistem pendidikan dan pelatihan yang mencakup tolak ukur input, output serta prosesnya.

  1. Konsistensi proses evaluasi ditengah pandemic virus korona

Sejalan dengan proses pendidikan yang berjalan di tengah pandemic walaupun melalui jarak jauh begitu juga dengan proses evaluasi yang harus terus dijalankan.

 

sumber: https://www.etec.gov.sa/ar/Media/News/Pages/International_conference.aspx

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *