Atdikbud Gelar Promosi Budaya Nusantara di Saudi Arabia Masa Pandemi

Promosi Budaya Nusantara di Saudi Arabia Masa Pandemi

Selalu ada inovasi dan kreatifitas di masa krisis, masa sulit seperti saat ini. Pada 3 desember lalu , Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh masih semangat menampilkan event kebudayaan “Indonesian Culture Weekend 2020” dengan tema “Merajut Seni di Tengah Pandemi”. Rencana semula ICW akan dilakukan seperti masa normal, mengulang tahun lalu. Saat ini tentu tidak bisa karena harus menaati prokes (protokol kesehatan) yang ditetapkan secara ketat oleh pemerintah Saudi Arabia. ICW akhirnya berlangsung full recording dengan media digital live streaming.

Beragam tarian nusantara ditampilkan oleh siswa-siswi 3 Sekolah Indonesia di Saudi Arabia yaitu Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah dan Sekolah Indonesia Makkah. Hanya berlatih beberapa hari dengan bimbingan para guru para duta budaya muda ini secara apik menampilkan beragam tarian nusantara. Salah satunya ada tarian yg menggambarkan suasana prokes masa pandemi yang dinamakan dengan tari Padinerang (Pandemi di Negeri Orang) ciptaan Ibu Ani Dwi Agustina (salah seorang guru di Sekolah Indonesia Riyadh), harus bermasker, jaga jarak dan cuci tangan.

Di luar dugaan antusisme viewer cukup tinggi. Banyak diminati warga Saudi. Berikut penampilan kesenian para duta kebudayaan Indonesia, siswa-siswa tiga Sekolah Indonesia di KSA. Enjoy their art performances at:

https://www.youtube.com/watch?v=fKTTHIblexQ

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *