SEMARAK HARDIKNAS 3 SILN ARAB SAUDI

SEMARAK HARDIKNAS 3 SILN ARAB SAUDI

Peringatan Hardiknas 2021 kali ini bertepatan pada bulan Ramadhan dan juga masih dalam situasi pandemic COVID-19 seperti pada tahun sebelumnya. Untuk itu, Kemdikbud melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 menyampaikan sejumlah imbauan terkait peringatan Kemdikbud di tahun 2021 ini. Kemdikbud Pusat menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas juga minimalis, dan dengan protokol kesehatan pada Ahad (2/5) pukul 08:00 WIB. Pada upacara peringatan Hardiknas ini, Kemdikbud juga mengundang beberapa siswa dan mahasiswa berprestasi.

Untuk segenap instansi dan satuan pendidikan yang berada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas secara tatapmuka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan untuk instansi yang berada di zona kuning atau hijau. Sementara instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemdikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

Akan tetapi tidak menyurutkan semangat 3 SILN di Arab Saudi untuk ikut andil menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 dengan tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Hal ini terbukti dengan adanya 3 kegiatan yang berbeda diselenggarakan oleh 3 SILN di Arab Saudi, seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki 3 SILN di Arab Saudi yaitu Sekolah Indonesia Riyadh (SIR), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dibawah Atase Pendidikan dan kebudayaan KBRI Riyadh yang saat ini dipimpin oleh Bapak Achmad Ubaedillah, M.A., Ph.D.

Ketiga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) memiliki 3 agenda yang berbeda yang masing-masing memiliki karakter beragam, yaitu:

Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) mengadakan kegiatan bertajuk “Ngabuburit Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” berupa sarasehan yang dikemas santai dan menarik. Kegiatan diselenggarakan secara daring dengan menggunakan Platform Zoom meeting yang diikuti oleh seluruh Guru, Tenaga Pendidikan (Tendik) serta anak-anak OSIS dan kegiatan ini juga disiarkan secara live melalui kanal Youtube Sekolah Indonesia Riyadh. Dalam acara ini diperdengarkan pula puisi mengenai Pendidikan yang dibawakan oleh ananda Zahra Nafisah, serta wejangan terkai merdeka belajar dari Atdikbud dan kepala sekolah SIR.

Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) memperingati Hardiknas 2021yang kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, dan juga masih dalam situasi pandemi Covid-19. Mengambil tema besar bahwa di bulan suci Ramadhan, Al-Qur’an diturunkan, maka Sekolah Indonesia Jeddah mencanangkan kegiatan Literasi Al-Qur’an. Kegiatan ini serempak didengungkan kepada semua siswa di semua jenjang. Para wali kelas bertugas mengawal kegiatan ini dengan menerima laporan kemajuan mereka dalam mempelajari makna Al-Qur’an, secara berkala (setiap minggu). Sasaran selanjutnya adalah siswa benar-benar mengkhatamkan pemahaman mereka terhadap Al-Qur’an sesuai batas kemampuan mereka. Selain itu diselenggarakan pula upacara bendera di halaman sekolah secara tatap muka terbatas yang dihadiri 30 orang peseta dengan inspektur upacara Konsul Jenderal RI Jeddah.

Sekolah Indonesia Makkah (SIM) Dalam rangka memeriahkan hari pendidikan nasional, Sekolah Indonesia Makkah telah mengadakan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah kegiatan campain dengan media tautan twibbon yang disediakan oleh pengurus OSIS. Para guru membagikan link twibbon Hardiknas melaui whatsApp grup kelasnya masing-masing dan diharapkan para siswa kembali mengirimkan hasil twibbon yang telah dilengkapi dengan fotonya masing-masing. Pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 Sekolah Indonesia Makkah juga mengadakan Dakwah Literasi dengan mendatangkan nara sumber novelis Ayat-ayat Cinta, Habiburrohman El-Shirazy.

Tepat pada hari Minggu, 2 Mei 2020 siswa-siswi Sekolah Indonesia Makkah (SIM) mengadakan Nonton Bareng pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 melalui kanal youtube kemdikbud secara online menggunakan platform zoom bersama Plt. Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Pendidikan (Tendik) pada Ahad, 2 Mei 2021 pukul 10.00 WAS yang bertemakan “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.  Peringatan Hardiknas 2021 kali ini bertepatan pada bulan Ramadhan dan juga masih dalam situasi pandemic COVID-19 seperti pada tahun sebelumnya. Untuk itu, Kemdikbud melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 menyampaikan sejumlah imbauan terkait peringatan Kemdikbud di tahun 2021 ini. Kemdikbud Pusat menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas juga minimalis, dan dengan protokol kesehatan pada Ahad (2/5) pukul 08:00 WIB. Pada upacara peringatan Hardiknas ini, Kemdikbud juga mengundang beberapa siswa dan mahasiswa berprestasi untuk segenap instansi dan satuan pendidikan yang berada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan untuk instansi yang berada di zona kuning atau hijau. Sementara instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemdikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

Berikut dokumentasi kegiatan HARDIKNAS SILN Arab Saudi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *