Tiga Sekolah Indonesia di Arab Saudi Meriahkan Hari Lahir Pancasila Lewat Lomba

Riyadh, 30 Mei 2021 — Tiga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Riyadh, Jeddah, dan Makkah, Arab Saudi, turut memperingati Hari Lahir Pancasila lewat beragam lomba seputar Pancasila dan webinar “Profil Pelajar Pancasila”. Rangkaian kegiatan digelar untuk mengenang jasa para Bapak Bangsa sekaligus mengingatkan generasi muda akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Atase Pendidikan dan Kebudayan (Atdikbud) Riyadh, A. Ubaedillah, mengatakan pentingnya nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di perantauan, khususnya kalangan pelajar. “Bangga dengan Pancasila harus terus dipupuk di kalangan siswa-siswi dan keluarga besar Sekolah Indonesia Luar Negeri di Arab Saudi,” tegasnya di SILN Riyadh, Minggu, (30/5).
Untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila ini, berbagai macam perlombaan pun digelar. Di SILN Jeddah, atau juga dikenal sebagai Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), dihelat lomba video berdurasi 1-3 menit yang diikuti siswa kelas 7, 8, 10, dan 11 sebagai ajang siswa angkat bicara soal makna Pancasila dan merefleksikan penerapan Pancasila dalam kehidupan.
Lomba ini berlangsung pada 29-30 Mei 2021 di mana setiap siswa mengunggahnya lewat kanal Youtube pribadi masing-masing. Selanjutnya, video terbaik dari setiap kelas akan dipublikasikan melalui media sosial pada 1 Juni 2021. Lomba video ini juga bermanfaat memberikan masukan kepada sekolah untuk mengevaluasi upaya-upaya internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran di sekolah.
Di samping itu, terdapat Lomba Kuis Pancasila bagi siswa SD yang dibagi menjadi kelas bawah (kelas 1-3) dan kelas atas (kelas 4 dan 5). Lomba ini menguji pengetahuan siswa tentang lambang, bunyi, dan implementasi Pancasila di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diajarkan di SIJ sejak kelas 1 SD dan Pancasila diterapkan dalam hubungan sosial di lingkungan sekolah dan rumah.
Kuis Pancasila juga berfungsi menjadi media bagi guru PPKn merefleksikan proses pembelajaran dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme kepada siswa SIJ sejak dini. Sebanyak tiga peserta terbaik akan dipilih dari setiap kelompoknya. Kuis Pancasila ini dilaksanakan secara daring pada 1 Juni 2021 dengan menggunakan Aplikasi Quizziz yang dipilih sebagai sarana lomba dengan mempertimbangkan kemampuan siswa menggunakannya.
Panitia lomba melibatkan wali kelas dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) serta memanfaatkan media sosial SIJ untuk menyosialisasikan lomba agar siswa tertarik mengikutinya. Media sosial yang digunakan antara lain: Instagram, Facebook, Telegram, dan WhatsApp. Periode sosialisasi berlangsung pada 25 sampai dengan 30 Mei 2021 kepada sebanyak mungkin siswa SIJ.

Hal serupa akan dilakukan pula oleh civitas akademika SILN Riyadh atau juga dikenal dengan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Beragam lomba mewarnai, deklamasi, dan cerdas cermat Pancasila digelar dengan melibatkan OSIS dan staf pengajar. Semua lomba dilaksanakan secara daring. Namun, berbeda dengan SIJ dan SIR, Sekolah Indonesia Makkah kali ini akan mengadakan Webinar “Profil Pelajar Pancasila” dengan mengundang pembicara dari tanah air.
“Melalui berbagai kegiatan menyambut Hari Lahir Pancasila 2021 di ketiga SILN ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap arti penting Pancasila bagi negara Indonesia, bagi integritas bangsa, dan bagi anak-anak diaspora Indonesia untuk bisa terus mempertahankan identitas nasional di luar negeri. Pancasila adalah Indonesia, Indonesia adalah Pancasila, Kami bangga menjadi Indonesia yang ber-Pancasila,” pungkas Atdikbud Ubaedillah.

Juara 1: Abdul Rahim https://youtu.be/RWIm2epGtAA
Juara 2: Keila https://youtu.be/IEPkCiTjOSk
Juara 3: Meylia https://youtu.be/tfeRrCeFDmQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *