Sambutan Atdikbud

Assalamuálaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pengunjung laman yang Budiman,
Hubungan antara Indonesia dan Saudi Arabia khususnya dalam bidang pendidikan adalah fakta sejarah yang Panjang. Puluhan tokoh ulama Indonesia tercatat adalah mereka yang pernah belajar di Haramain (Makkah dan Madinah). Sejalan dengan waktu hubungan kedua negara dan bangsa ini semakin meningkat dan dewasa. Hubungan itu tidak saja sebatas urusan ibadah haji-umrah dan pendidikan di era modern ini; tapi telah berkembang pada tahapan saling memahami tradisi dan kebudayaan antara kedua negara. Kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada awal 2017 dan kunjungan balasan Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo pada 2019 lalu merupakan petanda semakin eratnya hubungan antara Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia. Ungkapan “dua negara bersaudara” acapkali diucapkan oleh masyarakat dan para pemimpin kedua negara Muslim ini. Hal ini merupakan gambaran betapa dekatnya hubungan kedua bangsa.

Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, kehadiran Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. DR. Muhadjir Effendi beserta jajarannya pada Festival Janadriyah ke 31 tahun 2018-2019 di Riyadh merupakan salah satu bukti kedekatan hubungan kedua negara. Peran Kemendikbud RI sangatlah besar pada festival kebudayaan terbesar di Saudi Arabia tersebut dimana Indonesia mendapat kehormatan sebagai Tamu Kehormatan (Guest of Honor). Seluruh peristiwa tersebut harus kami laporkan kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab kami.

Kehadiran website resmi kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indoensia (KBRI) Riyadh, Arab Saudi diharapan dapat memberikan informasi terkait dengan Pembinaan dan Pelayanan Pendidikan WNI pada Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Pembinaan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, Pengembangan Kerjasama Kebudayaan, dan Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Saudi Arabia.

Kami berharap informasi yang kami sajikan pada laman resmi Atdikbud KBRI Riyadh ini dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Indonesia di Saudi Arabia khususnya, dan masyarakat Indonesia secara umum dimana pun berada. Kami berusaha menyajikan informasi teraktual yang terjadi di negara akreditasi seputar pemberitaan tentang Pendidikan dan kebudayaan.

Tak ada gading yang tak retak, tak ada kreasi yang sempurna. Segala saran dan masukan konstruktif pengunjung laman bagi peningkatan kualitas informasi sangat kami harapkan. Salam Saunesia.

 

Wassalamuálaikum warahmatullah wabarakatuh.