Akreditasi Sekolah Indonesia Jeddah 2021

Atdikbudriyadh, Jeddah – Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Senin (20/9), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dinyatakan telah memenuhi syarat Asesmen Kecukupan Data Isian Akreditasi (DIA) untuk semua tingkat, SD, SMP, dan SMA. Ada 4 komponen dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) yang dinilai, yaitu komponen mutu lulusan, komponen proses pembelajaran, komponen mutu guru, dan komponen manajemen sekolah.

Pada tanggal 27-30 September 2021 dilakukan asesmen lapangan (visitasi) oleh asesor yang ditugaskan oleh BAN-S/M dengan menggunakan perangkat akreditasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Visitasi akreditasi  dilakukan secara daring  melalui video conference Zoom. Pada visitasi daring tersebut dilakukan presentasi profil SIJ oleh kepala sekolah dan dilanjutkan telaah dokumen serta penggalian data IASP dengan narasumber kepala sekolah, tenaga kependidikan, tim managemen sekolah, unsur guru, unsur siswa, dan komite sekolah.  Kegiatan visitasi akreditasi berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal.

Pada Selasa (19/10), BAN-S/M telah menetapkan hasil akreditasi secara resmi melalui website dan alhamdulilah, Sekolah Indonesia Jeddah mendapat predikat A untuk semua tingkat, baik tingkat SD, SMP, maupun SMA.  Hal ini tentu sangat menggembirakan sebab manfaat akreditasi bagi sekolah sangatlah penting, di antaranya  adalah  sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah dan rencana pengembangan sekolah serta sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah.

Keberhasilan ini tentunya tidak akan diperoleh tanpa seizin Allah swt. dan kerja sama yang baik dari kepala sekolah, bapak/ibu guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, siswa, serta dukungan dari Atidkbud KBRI Riyadh dan Pensosbud KJRI Jeddah.  Terima kasih kami ucapkan atas partisipasi dan dukungannya sehingga hasil akreditasi sesuai dengan harapan. Tentu semua untuk SIJ mumtaz.

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply