Atdikbud bertemu Rektor Universitas Majmaah

Atdikbudriyadh, Majmaah – Pada Rabu (23/11) Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Badrus Sholeh melakukan kunjungan ke Universitas Majmaah. Kunjungan ini melengkapi kunjungan sebelumnya ke King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM), dalam rangkaian agenda kunjungan Atdikbud ke universitas-universitas Arab Saudi. Kunjungan ini juga menjadi bagian dari penguatan hubungan diplomatik bidang pendidikan antara Indonesia dan Arab Saudi, dua negara sahabat.

Kedatangan Atdikbud disambut oleh Rektor, Prof Saleh bin Abdullah Al-Mazal, dan Wakil Rektor, Prof Muhammad bin Saleh Al-Aboudi. Dalam kunjungan itu, Badrus Sholeh berkesempatan untuk berdiskusi membahas aspek dan peluang kerja sama pendidikan antara kedua belah pihak. Prof Al-Mazal menyatakan bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar dunia yang sangat dekat hubungannya dengan Kerajaan Arab Saudi. Kunjungan Atdikbud KBRI Riyadh memiliki momentum baik untuk penguatan kepentingan kedua negara khususnya bidang pendidikan.

Wakil Rektor, Prof Al-Aboudi menekankan bahwa Universitas Majmaah ingin meningkatkan kerja sama dan membangun kemitraan yang efektif dan langgeng di tingkat internasional, khususnya dengan perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dalam bidang penelitian dan akademik. Prof Al-Boudi juga menjabarkan berbagai pelayanan dan program pendidikan berkualitas yang telah diberikan Universitas Majmaah untuk mahasiswa internasional.

Menanggapi hal tersebut, Badrus Sholeh menyampaikan kekagumannya atas langkah-langkah yang telah diambil Universitas Majmaah, mengingat pentingnya membangun jembatan kerja sama antara universitas di Arab Saudi dengan universitas terkemuka di Indonesia di berbagai bidang, dan memperkuat yang sudah ada. Beberapa kesepakatan dilakukan di antaranya: (1) Universitas Majmaah akan menerima kerja sama di bidang Keperawatan, Studi Islam, dan Bahasa Arab pada program sarjana dan pasca sarjana; (2) Universitas Majmaah akan melakukan program Bahasa Indonesia di mulai dengan penyelenggaraan short course untuk mahasiswa dan masyarakat Arab Saudi; (3) Universitas Majmaah akan melanjutkan kerja sama yang telah dijalin bersama Universitas Muhammadiyah Malang, serta membuka kerja sama dengan universitas-universitas Indonesia di bidang terkait; (4) Universitas Majmaah akan menerima mahasiswa Indonesia dalam program sarjana melalui program dua tahun secara daring, dan dua tahun luring di Universitas Majmaah bagi mereka yang memuaskan secara akademik pada program daring; (5) Universitas Majmaah juga menerima tukar dosen dan peneliti dengan universitas-universitas di Indonesia.

Kunjungan diakhiri dengan berkeliling universitas, melihat Perpustakaan Pusat, Dekanat Urusan Perpustakaan, Laboratorium Departemen Keperawatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran Terapan, dan Pusat Teknologi Rehabilitasi Internasional dan Kaki Palsu.

Dalam kunjungannya, Badrus Sholeh ditemani oleh istri, Anis Fuadah Z, berserta tim Atdikbud KBRI Riyadh, Ahmad Agil Alaydrus dan Abdul Hayat Hanan. Dan kunjungan ini membuahkan hasil kesepakatan kerja sama di bidang Bahasa Arab, Studi Islam, Keperawatan dan Rehabilitasi Medis program S1/S2/S3, serta tukar tenaga pengajar dan peneliti antara Universitas Majmaah dengan universitas-universitas di Indonesia. Ini penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas kelembagaan, pendidikan dan pengajaran universitas kedua negara sahabat.



Sumber: https://m.mu.edu.sa/ar/news/departments/vice-rector-educational-affairs/186406  

Baca juga: https://atdikbud-riyadh.kemdikbud.go.id/wp/pertemuan-atdikbud-dangan-rektor-kfupm/

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply