Atdikbudristek Gelar Diskusi Persiapan FLOKS 2021

Atdikbudristekriyadh, Riyadh – Atase Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Atdikbudristek) KBRI Riyadh, Badrus Sholeh, secara virtual menggelar diskusi persiapan Festival Lomba Olimpiade dan Kreativitas Siswa (FLOKS) dengan Panitia dan SEAMEO QITEP in Matematic (SEAQIM), pada Senin (18/10) pukul 10.00 WAS.

Dalam pengantar serta arahannya, Badrus Sholeh menyampaikan apresiasinya atas kehadiran dan kesediaan SEAQIM berpartisipasi dalam kegiatan FLOKS yang akan dilaksanakan pada 18 – 20 November 2021. “Kehadiran SEAQIM tentu saja sangat penting bagi pelaksanaan FLOKS antar-SI Riyadh, SI Jeddah, dan SI Makkah”, tegas Badrus Sholeh.

Atdikbudrsitek kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini, menambahkan bahwa esensi kehadiran FLOKS adalah untuk meningkatkan suka cita berkreasi, berkompetisi, serta menjalin hubungan baik antar-Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Arab Saudi yang jumlah siswanya mencapai 1.600 orang, termasuk sekolah paket dan Sekolah Indonesia Riyadh Jarak Jauh.

Di akhir sambutannya, Badrus Sholeh, menyampaikan harapan-harapannya kepada SEAQIM. Diharapkan kehadiran SEAQIM tidak saja terhenti pada FLOKS, melainkan tetap berkenan mendampingi para guru matematika dan peserta didik yang berbakat matematika untuk meningkatkan kompetensinya, dan untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi. “Bimbingan SEAQIM sangat penting artinya bagi anak-anak yang berprestasi baik, namun kurang beruntung secara ekonomi, agar bisa sejajar dengan warga Indonesia lainnya di Indonesia maupun di luar negeri”, pungkas beliau.

Sejalan dengan harapan Atdikbutristek, Mustajib, sekalu panitia pengarah FLOKS, berharap silaturahmi dengan SEAQIM dapat terus bertumbuh dan berkembang demi terjalinnya kerja sama yang lebih intens dalam pengembangan kompetensi peserta didik dan guru di Arab Saudi, khususnya di SIR. Ditambahkan, dialog awal tersebut fokus pada kegiatan FLOKS, di mana SEAQIM akan dilibatkan dalam hal penjurian sekaligus penyediaan kisi-kisi dan pembuatan soal. “Kami menganggap ini adalah pilihan yang terbaik untuk menjamin obyektivitas penilaian, soal-soal yang berstandar internasional dan rasa percaya diri menghadapi soal-soal yang berkualitas global”, jelas Mustajib, yang juga Kepala SIR.

Pentingnya independensi tersebut juga diungkapkan oleh Cherry Rinaldi, guru matematika yang sekaligus Koordinator Olimpiade Matematika dan Sains saat membuka diskusi persiapan pelaksanaan FLOKS 2021 tersebut.

Dalam sambutan tunggal dari Tim SEAQIM, Dr. Sumardyono, Direktur SEAQIM, menyambut dan menerima dengan baik keinginan-keinginan yang mengemuka. Penerimaan tersebut antara lain dilatarbelakangi bahwa Atdikbudristek, SEAQIM, dan SILN sama-sama bernaung di bawah BKHM Kemendikbudristek. “Pada prinsipnya, kami menyambut baik kerja sama dengan SILN yang difasilitasi oleh Atdikbudristek dalam rangka memberikan fasilitasi dan kompetensi kepada anak-anak kita di luar negeri khususnya di Arab Saudi”, tegas Sumardyono yang didampingi oleh Deputy Director for Administrasion, Specialist Coordinator dan empat Kepala Divisinya.

Diskusi ditutup oleh Hijrah Baihaqie, selaku Ketua Panitia, dengan memaparkan mata lomba yang dikompetisikan baik secara daring maupun secara luring. Lomba-lomba tersebut antara lain Olimpiade IPS, Menyanyi Solo, Tenis Meja, dan Eksebinis Robotik.

(STB)

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply