BAN-SM Melaksanakan Visitasi Daring di Sekolah Indonesia Makkah

Atdikbudriyadh, Makkah – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) DKI Jakarta melakukan visitasi secara daring di Sekolah Indonesia Makkah (SIM) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 28 hingga 30 Oktober 2021. Agenda pembukaan visitasi  dihadiri oleh tim asesor BAN-SM, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Plt. Kepala Sekolah Indonesia Makkah, Wakil Kepala Sekolah Indonesia, dewan guru, dan jajaran tenaga kependidikan SIM di ruang serba guna Velodrom SIM.

Sinsin Rosyidin memimpin acara pembukaan visitasi melalui platform Zoom pada Rabu (28/9) pukul 09:00 WAS (Waktu Arab Saudi). Sutikno selaku Plt. Kepala Sekolah Indonesia Makkah memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan dewan guru dan jajaran tenaga kependidikan SIM kepada tim asesor. Sambutan juga disampaikan oleh Atdikbud KBRI Riyadh, Badrus Sholeh, dan Konjen RI Jeddah, Eko Hartono.

“Memang saya tidak menutup mata bahwa masih ada tantangan yang harus dihadapi Sekolah Indonesia Makkah. Harapannya semoga seluruh pihak dapat mengapresiasi kinerja seluruh rekan-rekan yang ada di Sekolah Indonesia Makkah, dan apapun hasilnya nanti yang penting kita selalu meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Makkah”, terang Eko Hartono dalam sambutannya.

Tim asesor yang melakukan visitasi tersebut adalah Muchlas Samani, dan Muhamad Sayuti, serta Nasrusin sebagai staff ahli dari BAN-SM. Peringkat yang diraih SIM pada akreditasi ini adalah B untuk SD dan SMP dengan nilai akhir 82 untuk jenjang SD dan 83 untuk jenjang SMP. Sebelumnya, SIM sudah meraih predikat B namun pada tahun ini ada peningkatan pada nilai akhir yang diperoleh.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.



(Puteri Firdhani)

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply