Berita Mingguan Atdikbud 2-8 Januari 2022

Atdikbudriyadh, Riyadh –

1. KSGAFAL Luncurkan Pelatihan untuk Pengajar Bahasa Arab bagi Penutur Asing.

Tanggal 3 Januari 2022, King Salman Global Academy for Arabic Language (KSGAFAL) mengumumkan peluncuran proyek pelatihan untuk meningkatkan kapasitas guru bahasa Arab bagi penutur asing dari dalam negeri dan luar negeri. Hal ini dilakukan dalam rangka mengaktifkan program KSGAFAL di bidang bahasa Arab berikut pelaksanaannya, mengangkat kedudukan bahasa Arab secara global, dan mewujudkan leadership dalam hal pengajaran bahasa Arab. 

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengajar bahasa Arab bagi penutur asing, memberdayakan mereka untuk mengajarkannya sesuai metode ilmiah, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar, meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan persiapan dan penilaian terhadap materi pengajaran bahasa Arab bagi penutur asing guna mendukung tersebarnya bahasa Arab dan eksistensinya secara global sehingga dapat meningkatkan jumlah mereka yang berkomunikasi dengan bahasa Arab sesuai tujuan Visi 2030. Pelaksanaan pelatihan awal yang akan dimulai pada Januari ini direncanakan berlangsung selama 10 bulan, termasuk 4 kali pelatihan di dalam negeri dan 30 kali pelatihan dilakukan secara jarak jauh di 15 negara. Pelatihan disampaikan oleh sejumlah pakar dan akademisi khusus bahasa Arab kepada 800 peserta melalui teori dan praktek dengan fokus pada materi perencanaan, kebijakan, penyiapan kurikulum pengajaran bahasa Arab, cara mengajar dan asas mekanisme pembetulan bahasa Arab.

KSGAFAL dibentuk sesuai keputusan Kabinet Arab Saudi dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang menjadi salah satu program Visi 2030 guna memperkuat peran bahasa Arab baik di tingkat lokal, regional maupun global sekaligus untuk menyebarkan dan melindungi bahasa Arab. Selanjutnya KSGAFAL berupaya untuk menjadi referensi global di bidang bahasa Arab dan pelaksanaannya melalui penyebaran riset dan buku-buku khusus berbahasa Arab, menciptakan standar tes bahasa Arab, menerbitkan kamus, mendukung pengayaan konten Arab dan memanfaatkan Artificial Intelligence guna mendukung bahasa Arab.

Referensi: الملك سلمان العالمي يطلق دورات لمعلمي العربية لغير الناطقين بها
http://alriyadh.com/1927676

2. Angka Buta Huruf di Arab Saudi Menurun hingga 3,7%.

Pada Sabtu, 8 Januari 2022, Kementerian Pendidikan Arab Saudi turut serta memperingati Hari Arab Pemberantasan Buta Huruf sebagaimana yang ditetapkan oleh ALECSO (Arab League Educational, Cultural, and Scientific Organization) pada setiap tahun di tanggal 8 Januari, dalam rangka mendukung upaya Arab untuk membatasi tingkat buta huruf dan melanjutkan Pendidikan bagi lansia.

Meskipun dalam situasi menyebarnya pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan Arab Saudi telah berhasil melakukan upaya besar-besaran sehingga dapat mengurangi tingkat buta huruf di Arab Saudi dari 5,6% (2019) menjadi 3,7% (2021) dengan melaksanakan 1.314 kali program pelatihan pemberantasan buta huruf jarak jauh yang diikuti oleh lebih dari 90.000 warga laki-laki dan perempuan. Pengajaran alternatif juga dilakukan melalui laman “Madrasati” dan TV Pendidikan “Ain” untuk semua jenjang pendidikan. Pada tahun 2022 ini Kementerian Pendidikan telah membuat program baru pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi lansia, namun bersinergi dengan kebutuhan pasar kerja dalam upaya mewujudkan Visi 2030 dan obsesi untuk merealisasikan pembangunan berkelanjutan dan pendidikan sepanjang hidup karena menganggap pentingnya kesempatan proses pendidikan dan bahwa setiap individu berhak untuk turut serta dalam wisata belajar.

Referensi: خفض نسبة الأمية في المملكة إلى 3.7 %
http://alriyadh.com/1928363

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply