Budaya Indonesia Tampil Pada Perayaan HUT ke-50 Organisasi Konferensi Islam di Jeddah, Arab Saudi

Indonesia sebagai anggota permanen OIC (Organization Of Islamic Cooperation), melalui perwakilan KBRI Arab Saudi di Riyadh mengirimkan delegasi kesenian untuk mengikuti Celebration Programme pada acara Festival Of  The Organization Of Islamic Cooperation (OIC)  ke-50 di Jeddah, Arab Saudi selama 3 hari mulai tanggal 26-28 November 2019.

Delegasi kesenian Indonesia itu berasal dari tiga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Arab Saudi yaitu: Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Sekolah Indonesia Makkah (SIM), Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) dan delegasi yang dikirim dari Indonesia. Visi dan misi pengiriman delegasi kesenian adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional khususnya negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Pada kesempatan tersebut, Indonesia menampilkan berbagai seni budaya tradisional asli diantaranya: tari Saman dari Aceh, tari dan lagu Sajojo dari Papua, alat musik tradisional Angklung dari Jawa Barat yang dibawakan oleh siswa Sekolah Indonesia Riyadh.

Delegasi kesenian dari Sekolah Indonesia Makkah menampilkan tari kreasi Sujabal, tari kreasi Nusantara, lagu dan gerak tari Gemufamire yang semuanya menonjolkan budaya Indonesia.

Sementara itu, Sekolah Indonesia Jeddah menampilkan Pencak Silat, tari Terang Bulan, dan lagu Laksamana Raja di Laut dengan irama melayu. Sedangkan tim kesenian Bekasi yang didatangkan dari Indonesia membawakan tarian Nusantara dari Sabang sampai Merauke dalam bentuk medley, yang semuanya sangat berkesan dan sukses membawa penonton yang hadir untuk memberi applause yang meriah.
Acara tampilan OIC Festival Celebration Programme  diadakan  di tiga tempat yang berbeda. Hari pertama bertempat di Al Balad heritage, Indonesia menampilkan kesenian Angklung yang dibawakan siswa Sekolah Indonesia Riyadh, tari Kreasi Sujabal dibawakan siswa Sekolah Indonesia Mekah. Pencak Silat dibawakan siswa sekolah Indonesia Jeddah serta medley tarian Nusantara dari Sabang sampai Merauke yang dibawakan team kesenian Bekasi.Pada hari kedua, bertempat di Leylaty Ballroom, Indonesia menampilkan tari Terang Bulan yang dibawakan siswa sekolah Indonesia Jeddah, tari Saman dibawakan siswa Indonesia Riyadh dan tari Kreasi Nusantara dibawakan siswa sekolah Indonesia Mekah.

Pada hari ketiga atau hari terakhir bertempat di Cornicle (Alexandria Square) sebuah tempat wisata dekat pantai di Jeddah, Indonesia sukses membawakan 2 tampilan terakhir yaitu lagu dan Tari Gemufamire dibawakan siswa sekolah Indonesia Mekah, serta lagu dan tari Sajojo yang dibawakan siswa Sekolah Indonesia Riyadh secara flash mob yang sangat menarik pengunjung untuk ikut gerak dan menari.

Selain menampilkan kesenian tradisional  pada acara OIC Festival Celebration Programme, Indonesia juga berpartisipasi dalam exhibition produk handicraftIndonesian food dalam stan pameran yang diselenggarakan di Leylaty Ballroom selama 3 hari berturut-turut.

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply