Dubes RI Melakukan Kunjungan ke Bukhairiyah

Atdikbudriyadh, Bukhairiyah – Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, mengunjungi provinsi Bukhairiyah, dan disambut oleh Prof. Saleh bin Abdullah Al-Rajhi, serta diberi penjelasan tentang warisan dan bangunan perkembangannya.

Kunjungan diawali dengan berkeliling melihat fasilitas hotel Ramada Al-Qassim, yang dianggap sebagai salah satu monumen pembangunan di kawasan itu dalam hal gaya modern.

Setelah itu mengunjungi Universitas Sulaiman Al-Rajhi, dan diterima oleh Rektor Universitas, Prof. Dr. Abdul Rahman Al-Mazrou. Dubes melihat berbagai fasilitas universitas, seperti ruang konferensi, perpustakaan elektronik dengan buku-buku yang dapat didengarkan oleh para mahasiswa, laboratorium ilmu kedokteran, laboratorium keterampilan klinis, dan kota universitas. Dubes juga bertemu dengan mahasiswa indonesia yang mendapat beasiswa di universitas tersebut.

Kemudian mengunjungi pabrik kurma Atayeb Al-Bawadi dan melihat cara menyimpan dan menyortir kurma.

Selanjutnya mendatangi istana peninggalan Al-Suwailem. Melihat istana dan mendengarkan penjelasan rinci tentang bagian-bagian istana dan sejarahnya. Dubes juga berkesempatan melihat istana peninggalan Al-Rajhi, ditemani oleh Youssef bin Abdulrahman Al-Rajhi, pengawas istana, yang menjelaskan tentang apa yang ada di dalamnya, seperti bangunan istana, masjid kuno, dan Al-Sawani yang merupakan proses pengambilan air dari sumur (Al-Qalib) menggunakan unta.

Lalu beranjak ke Kota Tua dan Jalan Al-Sawaqi, sebuah proyek yang batu fondasinya diletakkan oleh Pangeran Faisal bin Mashaal bin Saudi, Gubernur wilayah Qassim, sebagai peningkatan dan pengembangan Kota Tua.

Kemudian melaksanakan shalat Maghrib dan shalat Taraweh di Masjid Al-Mohsen yang memiliki gaya arsitektur unik.

Berikutnya mengunjungi Gedung Komite Rakyat Bukhairiyah, di mana beliau diterima oleh Ketua Komite, Ir. Ali Al-Suwailem dan sejumlah anggota komite. Beliau mendengarkan penjelasan tentang peran komite dan upayanya dalam melayani provinsi tersebut, juga peran komite dalam mendukung peran dan inisiatif masyarakat dan nasional yang bertujuan mendukung proses pembangunan.

Setelah itu, melihat Museum Abdulrahman bin Muhammad Al-Rajhi. Berkeliling dan melihat cagar alam. Beliau mendapat penjelasan secara lengkap tentang apa yang terdapat di dalam museum, khususnya terkait koleksi arkeologi dan warisan langka, yang berisi model yang mensimulasikan cara hidup kuno.

Dilanjutkan dengan mengunjungi rumah Hassan Al-Rajhi, pemilik sekolah Manahil Al-Bukhairiyah, dan mendengarkan penjelasan tentang pengalaman berinvestasi dalam pendidikan swasta.

Lalu mendatangi kebun stroberi dan beri.  Melakukan tur dan melihat isinya. Dubes berkesempatan untuk memetik dan belajar tentang cara stroberi dan beri ditanam, serta cara pengairan “hidroponik”.

Dubes mengakhiri kunjungannya dengan mendatangi pabrik Kurma Dief, salah satu pabrik nasional terkemuka di bidang industri dan penyimpanan kurma. Beliau menyimak penjelasan lengkap dari pemilik pabrik, Ir. Muhammad bin Dhaifallah Al-Luhaidan, tentang komponen pabrik dari area penerima, penyimpanan awal, penyortiran, pementasan, pemolesan, ruang produksi dan manufaktur, ruang pengolahan, ruang produk akhir, dan pengemasan.

Dubes Abdul Aziz memuji kedua istana sebagai saksi sejarah penting yang menceritakan era penting sejarah kejayaan Saudi. Beliau juga memuji proyek pengembangan Kota Tua, Universitas Sulaiman Al-Rajhi, peran Komite Rakyat Provinsi, Hotel Ramada, taman stroberi dan beri, Museum Abdulrahman Al-Rajhi, Masjid Al-Mohsen dengan gaya arsitekturnya yang unik, Pabrik Atayeb Al-Bawadi dan Pabrik Kurma Deif. Beliau mengungkapkan kebahagiaannya dengan apa yang disaksikannya dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Al-Bukhairiyah beserta orang-orang atas upaya mereka dalam melestarikan warisan dan barang antik, dan juga atas sambutan yang baik serta informasi sejarah yang mereka berikan.



Referensi:
https://www.alriyadh.com/1947448
https://www.sahifatinews.com/new/s/63116
https://albukairyah.com/blog/16340/

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply