Gelar Konferensi Internasional, Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin Hadirkan Narasumber dari Berbagai Negara

Atdikbudriyadh, Banjarmasin – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari melaksanakan kegiatan konferensi internasional, The Fourth Annual Postgraduate Conference On Muslim Society (The 4th APCoMS) dengan mengangkat tema “Local and Global Aspects in The Malay World”  bertempat di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari, yaitu 20-21 Juli 2022 dan diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia itu juga menghadirkan Dr. Ali Mayouf Al Mayouf dari King Saud University, Arabi Saudi; Ahmad Rafiq, PhD dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Muhammad Iqbal PhD, Dr Mujiburohman MA dari UIN Antasari Banjarmasin; Dr. Farid Mat Zain dari Universiti Kebangsaan Malaysia; dan Prof. Dr. Muhammad Umudee dari Princess of Naradhiwas University Thailand.

Wakil Direktur Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Muhammad Rusydi, mengungkapkan bahwa konferensi internasional ini merupakan upaya dalam menjawab tantangan perkembangan zaman, yang pesat dalam konteks global.

“Dengan begitu, akar budaya kita tidak tercabut, karena munculnya budaya dari luar,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Sesuai dengan konferensi ini, Rusydi menilai, orang-orang Melayu memiliki kekhasan tersendiri dari seisi keislaman, dan keagamaan. “Sebagai rumpun Melayu, kita boleh saja menerima budaya dari luar, tetapi tidak boleh lepas dari akar budaya sendiri, khususnya orang Banjar,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam kesempat itu Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA juga mengungkapkan pentingnya pelaksanaan konferensi ilmiah, “Pertama adalah berbagi hasil-hasil penelitian, bertukar informasi, dan saling berdiskusi dari teman-teman berbagai negara, dan juga di Indonesia, karena yang hadir dari luar Kalimantan Selatan banyak. Kemudian yang kedua, adalah membangun jaringan dan kerja sama untuk selanjutnya, termasuk untuk publikasi ilmiah, kemudian penelitian bersama, dan seterusnya”.



Sumber: https://pasca.uin-antasari.ac.id/2022/07/gelar-konferensi-internasional-pascasarjana-uin-antasari-banjarmasin-hadirkan-narasumber-dari-berbagai-negara/

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply