Inisiasi Kerja sama dalam Bidang Kenukliran melalui Demo Online Internet Reactor Laboratory (IRL) Kartini antara Indonesia – Arab Saudi

Atdikbudriyadh, Riyadh – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) atau BATAN bekerja sama dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh, menginisiasi kerja sama dengan universitas King Saud University (KSU) dalam bidang kenukliran dalam acara demo online Internet Reactor Laboratory (IRL) Kartini secara langsung melalui zoom meeting pada Rabu (13/10).  

Demo online ini juga dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Badrus Sholeh. “Pertemuan ini sangat penting dalam membangun kerja sama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Arab Saudi di masa mendatang, dan Atdikbud KBRI Riyadh siap menjadi jembatan antara dua negara dan dua institusi khususnya BRIN dan King Saud University dalam bidang kerja sama riset dan teknologi”, terang Badrus Sholeh saat memberikan sambutan.

“Kami berharap ada kerja sama yang baik terkait hal ini di masa mendatang untuk pembelajaran bagi mahasiswa King Saud University dalam memanfaatkan fasilitas reaktor nuklir yaitu IRL Kartini”, lanjut DR. Kaleem Ahmad yang ikut memberikan sambutan mewakili KSU.

IRL Kartini sendiri merupakan sarana pembelajaran fisika nuklir dengan memanfaatkan reaktor Kartini yang berada di Yogyakarta sebagai alat dan bahan pendidikan dan pelatihan. Materi pembelajaran adalah tentang pemahaman teori fisika nuklir khususnya fisika reaktor dan praktik pemahaman tersebut melalui perangkat website interaktif semisal via zoom meeting, sehingga masalah jarak antara pengguna reaktor Kartini (misalnya mahasiswa) dan pemilik/operator reaktor (host) dapat dipersingkat untuk efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. IRL ini dirancang untuk pengguna di tingkat pendidikan tinggi (mahasiswa).



(Latif Arifudin)

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply