KBRI Riyadh Melakukan Pembicaraan dengan Akademi Raja Salman untuk Kerja Sama Bahasa
Atdikbudriyadh, Riyadh – KBRI Riyadh melakukan pembicaraan dengan Akademi Global Raja Salman untuk Bahasa Arab (King Salman Global Academy for Arabic Language/KSAA) untuk memperluas jangkauan sastra Indonesia di Kerajaan, dan menarik lebih banyak warga Saudi untuk belajar di universitas-universitas di Indonesia.
Bahasa Arab adalah bahasa penting di kalangan umat Islam Indonesia, yang mencakup lebih dari 80 persen dari 270 juta penduduk negara ini. Sebagian besar dari ribuan universitas negeri dan swasta di Indonesia memfasilitasi bahasa Arab sebagai bahasa asing dan menawarkan studi bahasa Arab dalam program mereka.
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Dr. Abdul Aziz Ahmad membahas kerja sama dengan Sekretaris Jenderal KSAA Abdullah bin Saleh Al-Washmi pada bulan Juli lalu.
“Kerja sama dengan KSAA sangat strategis,” kata Badrus Sholeh, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, kepada Arab News.
“(Ada) keterbatasan publikasi dalam bahasa Arab tentang Indonesia. KSAA akan membantu Indonesia untuk menerbitkan publikasi ekonomi, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi oleh universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan negeri dan swasta di Indonesia dalam bahasa Arab melalui kerja sama penerjemahan.”
“Banyak masyarakat Indonesia yang telah berkontribusi pada program bahasa Arab di universitas dan sekolah Islam di seluruh negeri, namun pelatihan lebih lanjut akan memperkuat kontribusi mereka di Indonesia,” kata Badrus.
Karena Indonesia juga berupaya menarik lebih banyak mahasiswa Saudi untuk belajar di universitas-universitas di Indonesia, Badrus mengatakan kerja sama dengan KSAA akan membantu menjembatani kesenjangan bahasa.
“Kerja sama juga akan dilakukan di tingkat peneliti dan dosen (dengan) KSAA yang fokus pada pengajaran bahasa Arab,” lanjut Badrus.
“Universitas-univeritas di Indonesia akan menarik mahasiswa Saudi untuk belajar sains dan teknologi, serta ilmu sosial.”
Referensi: https://www.arabnews.pk/node/2365011/world