Pelatihan Singkat Perencanaan Keuangan Skala Kecil untuk PMI di Arab Saudi

Atdikbudriyadh, Al Ahsa – Bertempat di Istirahah Kabayan, Al Ahsa, dilaksanakan pelatihan tentang perencanaan keuangan skala kecil untuk PMI di Arab Saudi, Jum’at (12/11). Kegiatan tersebut diinisisasi oleh PF Pensosbud KBRI Riyadh, dibantu oleh Forum PMI di Al Ahsa, dan diisi oleh dua narasumber dengan latar belakang Dosen Finance, College of Business Administration of Prince Sultan University. Dua narasumber itu adalah Dr. Nevi Dania dari /Indonesia dan Dr. Zaiton Ali dari Malaysia.

Dalam sambutannya, PF Pensosbud KBRI Riyadh, Meugah Suriyan, menyampaikan banyak permasalahan pengelolaan keuangan bagi para PMI yang berpenghasilan menengah ke bawah. Tidak sedikit dari mereka yang gajinya habis tanpa kejelasan pengeluaran, baik selama di Arab Saudi maupun setelah pulang ke Indonesia. Hal itu terjadi karena minimnya pengetahuan tentang pengelolan keuangan yang baik. Oleh karena itu KBRI melalui PF Pensosbud menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Singkat Perencanaan Keuangan Skala Kecil untuk PMI di Arab Saudi agar sahabat PMI dapat lebih baik dalam pengelolaan keuangan sehingga bermanfaat saat kembali ke Indonesia.

Selain PF Pensosbud KBRI Riyadh beserta staf, kegiatan itu juga dihadiri oleh sahabat PMI dari berbagai profesi, seperti perawat, pemilik toko, kafe, supir asisten rumah tangga, dan lainnya. Hadir juga Atdikbud KBRI Riyadh beserta staf sebagai undangan.

Narasumber menjelaskan berbagai macam materi tentang pengelolaan keuangan. Mulai dari definisi perencanaan keuangan, permasalahan keuangan keluarga, sampai solusi-solusi atas permasalahan keuangan. Diharapkan para sahabat PMI dapat menyerap ilmu dan informasi terkait dengan permasalah dan solusi keuangan termasuk perencanaan kebutuhan dan pendapatan, sehingga menjadi bekal nanti setelah selesai bertugas atau bekerja di Arab Saudi.



(Muhsin Amrun)

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply