Pendaftaran S2/S3 KAUST Fellowship 2022

Atdikbudriyadh – Pendaftaran beasiswa King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi masih dibuka untuk jenjang pendidikan Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3). Untuk pendaftaran pada musim gugur 2022 ini, masih dibuka hingga 31 Maret 2022.

Selama pendaftaran KAUST Fellowship atau beasiswa KAUST ini, pihaknya tidak memungut biaya sepeser pun. Selain itu, seluruh mahasiswa dari berbagai negara yang hendak mendaftar program pascasarjana di kampus ini mendapat kesempatan yang sama untuk ikut serta.

KAUST sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Arab Saudi yang menempati peringkat ketiga nasional menurut Arab University Rankings 2021. Kampus campuran mahasiswa pria dan perempuan di Arab Saudi ini juga menawarkan program gelar untuk berbagai bidang seperti, teknik, ilmu alam, komputer, fisika, dan lain sebagainya.

Berikut informasi lengkap mengenai KAUST Fellowship mulai dari benefit atau keuntungan hingga tahapan seleksinya.

Benefit KAUST Fellowship 2022
– Fully funded atau beasiswa penuh.
– Uang saku sebesar 20.000 USD hingga 30.000 USD per tahun yang bila ditaksir mencapai Rp 285,7 juta hingga Rp 428,6 juta. Besarannya bergantung dari kualifikasi dan progres selama studi.
– Tempat tinggal di lingkungan kampus.
– Asuransi kesehatan dan gigi.
– Dana relokasi seperti, visa, tiket pesawat, dan lain sebagainya.

Dokumen Pendaftaran KAUST Fellowship 2022
1. Transkrip atau ijazah di kampus sebelumnya (dalam bahasa Inggris).
2. Curriculum Vitae (CV).
CV berisikan pengalaman kerja, penelitian, dan informasi relevan lainnya. Jika peserta memiliki publikasi, diharapkan untuk turut menyertakan abstrak publikasi tersebut di bagian CV.
3. Statement of Purpose.
Surat keterangan ini wajib disusun dalam kurang lebih 750 kata. Bisa berisikan seputar pengalaman kerja sebelumnya, persiapan untuk bidang studi yang dituju, latar belakang dan minat yang relevan, rencana akademik, dan tujuan karir.
4. Tiga surat rekomendasi.
Surat rekomendasi ini dibuat oleh profesor atau pembimbing selama melakukan studi atau penelitian sebelumnya. Selain itu, surat rekomendasi juga harus berisikan informasi detail tentang pengalaman kerja pendaftar, prestasi pendaftar, atau kelebihan pendaftar selama melakukan penelitian.
5. Hasil TOEFL dan IELTS.
Dokumen kecakapan bahasa Inggris menjadi persyaratan terbaru di tahun 2022. Skor minimal untuk pendaftaran di antaranya IELTS 6,5 dan TOEFL iBT 79.
6. Ujian GRE (Graduate Record Examination).
GRE merupakan tes standar yang diambil sebelum dapat masuk ke program pascasarjana. Dokumen ini bersifat tidak wajib selama pendaftaran beasiswa, namun menjadi poin pertimbangan bila peserta memiliki skor dari ujian GRE.

Tahapan Seleksi KAUST Fellowship 2022
1. Admission Review.
Berkas peserta harus lengkap untuk dapat ditinjau oleh Admission Office. Jika file peserta tidak dalam bentuk dokumen, peserta akan diminta untuk mengirimkannya langsung sebelum ditinjau pihak bersangkutan.
2. Komite Peninjau Fakultas.
Jika dokumen lengkap dan sesuai, selanjutnya dokumen akan di-review oleh pihak fakultas tujuan.
3. Wawancara Akademik.
Jika lolos, peserta akan diundang untuk melakukan wawancara dengan pihak fakultas KAUST.
4. Wawancara KAUST.
Tahapan terakhir adalah wawancara pribadi melalui Skype atau secara langsung.

Masing-masing pendaftaran untuk program S2 dan S3 memiliki persyaratan khusus. Bagi yang berminat, bisa mengakses https://www.kaust.edu.sa/en/study/ untuk informasi lebih lanjutnya.

Sementara itu, untuk pendaftaran program beasiswa KAUST dapat dilakukan melalui https://kaust.askadmissions.co.uk/emtinterestpage.aspx?ip=inquire. Jangan sampai terlewat, ya!



Sumber: https://www.detik.com/edu/beasiswa/d-5983576/ada-beasiswa-kaust-arab-saudi-buat-s2-s3-tunjangan-hingga-rp-4286-juta

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply