PKM Internasional UNJ di Sekolah Indonesia Makkah (SIM)

Atdikbudriyadh, Makkah – Tepat hari ke 5 setelah mendarat di Madinah tanggal 15 Oktober 2022, dua mahasiswa UNJ atas nama Ryan Pradipta dari Prodi Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, dan Naufal Maarif dari Prodi Biologi FMIPA ke Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan diterima oleh penanggung jawab SIM, yaitu H. Mubarak di ruang kerjanya bersama Ivan selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Imas selaku alumni FBS UNJ yang juga Wakil Kepala Sekokah Bidang Kurikulum.

Selain menyerahkan dua mahasiswa UNJ, LP3M UNJ juga menitipkan tiga mahasiswi UNJ yang melaksanakan PKM di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) dan satu mahasiswi yang melaksanakan PKM di Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ).

Tim LP3M UNJ yang terdiri dari Nuruddin Korpus PKM, Aam Amaningsih Jumhur Korpus PKL, Sari Nurulita dosen FIS, dan Raden Ahmad Barnabas dosen FBS setelah dari SIM besoknya melanjutkan rihlah ilmiah ke SIJ Jeddah untuk workshop dengan guru-guru SIJ dan SIM dengan tema: “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah”.

Hal yang menarik dari penyerahan ke SIM adalah sosok penanggung jawab Kepala Sekolah, yaitu H. Mubarak yang lahir, kecil, dan besar di Arab Saudi dan beberapa tahun mondok di pesantren Al Amin Madura.

H. Mubarak sudah hafal betul seluk beluk Kota Makkah, dan bahasa Arabnya sangat fasih, serta lobi-lobi dengan berbagai pihak di Arab Saudi sangat mahir. Dalam sambutannya, H. Mubarak memberikan arahan bahwa mahasiswa harus dapat menjaga diri terutama mahasiswi karena aturan yang ketat di Kota Suci Makkah.

Setelah istirahat sejenak tim LP3M UNJ diajak keliling kota Makkah, antara lain Jabal Nur, RM Arab favorit para tamu dari Indonesia. Pertemuan berakhir pada pukul 16.45 dengan penyerahan cendera mata dari UNJ kepada H. Mubarak yang juga alumni PLPG Bahasa Arab UNJ tahun 2017. Selesai acara, tim LP3M UNJ diantar ke hotel Al-Muwahhidin di jalan Ajyad dengan jarak 550m ke Masjid Haram.



Sumber: https://www.unj.ac.id/pkm-internasional-unj-di-sekolah-indonesia-makkah-sim/

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply