Sosialisasi Universitas Terbuka dan Sekolah Indonesia Riyadh Jarak Jauh

Atdikbudriyadh, Al Ahsa – Disela-sela kegiatan Pelatihan Singkat Perencanaan Keuangan Skala Kecil untuk PMI di Arab Saudi yang diprakarsai oleh PF Pensosbud KBRI Riyadh, pada Jum’at (12/11), Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, berkesempatan untuk memberikan sosialisasi tentang universitas terbuka dan Sekolah Indonesia Riyadh Jarak Jauh. Penyampaian informasi itu merupakan salah satu program kerja Atdikbud, yaitu perlindungan dan pelayanan pendidikan bagi WNI di Arab Saudi.

Sosialisasi dilaksanakan oleh Kepala TU Sekolah Indonesia Riyadh, Muhsin Amrun mewakili Atdikbud. Dalam sosialisasi UT disampaikan tentang sekretariat UT Arab Saudi, program studi yang bisa dipilih, tata cara pendaftaran, juga biaya. Sehingga diharapkan bagi sahabat PMI yang ingin melanjutkan studi S1 bisa terlayani dengan maksimal.

Selain UT, juga disampaikan informasi tentang Sekolah Indonesia Riyadh Jarak Jauh atau disingkat SIR Jarak Jauh. SIR Jarak Jauh hadir dikarenakan banyaknya keluhan WNI yang berdomisili di sekitar Timur Tengah tidak mempunyai akses sekolah bagi putra-putri yang berusia sekolah. Karena di daerah tersebut tidak adanya sekolah Indonesia yang melayani pendidikan bagi putra-putri mereka.

SIR Jarak Jauh sudah memiliki legalitas atau dasar hukum yaitu Kepmenbudristek RI Nomor: 214/P/2021 tentang Penyelenggaran Pendidikan Jarak Jauh pada Sekolah Indonesia Riyadh di wilayah Kerajaan Arab Saudi dan sekitarnya sehingga mampu melayani kebutuhan pendidikan bagi sahabat WNI yang berada di wilayah Timur Tengah yang tidak terdapat Sekolah Indonesia. Jenjang Pendidikan SIR Jarak Jauh yang ditawarkan adalah jenjang TK, SD, SMP, dan SMA.

Atdikbud KBRI Riyadh berharap dengan adanya UT dan SIR jarak Jauh akan membantu sahabat PMI juga bagi anak0anak mereka untuk mendapat pelayanan pendidikan sama seperti di Indonesia.

Silakan bagikan ke:

Leave a Reply